Sabtu, 17 Oktober 2015

#maskerINdonesia

#MASKERINDONESIA

            Dalam rangka merespon bencana kabut asap yang terjadi di Pulau Sumatra dan Kalimantan, RZ (Rumah Zakat) mengusung sebuah hastag yang bernama #MaskerINdonesia. Hastag ini dimunculkan dalam rangka kepedulian RZ kepada warga di Pulau Sumatra dan Kalimantan yang terdampak langsung bencana kabut asap. Masker dipilih sebagai simbol bahwa warga disana sangat membutuhkan masker untuk menghindari penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas).
            Asap memang sebuah kata yang hanya terdiri dari satu kata, tetapi ketika asap ini bergerombol dan membentuk sebuah koloni maka dampaknya akan sangat besar. Dampak yang ditimbulkan bukanlah dampak yang baik akan tetapi sebaliknya yaitu dampak yang sangat buruk. Dampak yang buruk ini dapat mengancam kesehatan manusia.
           Udara yang kotor sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, karena udara diperlukan oleh semua organ dalam tubuh. Sedikit saja udara yang kotor terhirup oleh tubuh maka udara tersebut sedikit demi sedikit akan mengganggu dan merusak organ-organ tubuh. Apalagi ini udara yang sangat sangat kotor dengan tingkat pencemaran yang sangat tinggi maka akan sangat berpengaruh bagi tubuh.
        Dalam rangka merespon bencana asap ini maka RZ (Rumah Zakat) melalui relawannya yang bernama Relawan RZ menurunkan personil untuk melakukan upaya-upaya saat bencana dan pascabencana. Upaya saat bencana dilakukan dengan cara melakukan pemadaman kebakaran hutan dengan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemadam kebakaran yang lain. Selain itu upaya saat bencana asap ini dilakukan dengan melakukan kampanye serta pentingnya memakai masker untuk para warga yang beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu RZ mengangkat hastag  #MaskerINdonesia.
       Sementara itu upaya- upaya pasca bencana juga dilakukan dengan cara homescholling yang dilakukan oleh Relawan RZ kepada anak-anak yang sedang libur sekolah dikarenakan bencana asap ini. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Entah dalam kondisi apapun maka sekolah tetap menjadi prioritas dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Pembukaaan UUD 1945. Hal ini sangat direspon baik oleh warga mengingat dibeberapa kota, sekolah diliburkan sejak bencana asap ini melanda daerah tersebut yaitu kira-kira sudah satu bulan. WOW. Luar biasa ternyata dampak satu kata yang sederhana ini.
         Selain melakukan homescholling RZ juga melakukan upaya pengobatan gratis melalui pemeriksaan warga. Hal ini dilakukan di posko-posko RZ yang tersebar di beberapa kota di Kalimantan dan Sumatra. Posko-posko ini tidak hanya melakukan pemeriksaan tetapi kami juga memberikan masker ke warga untuk mencegah penyakit ISPA yang lebih buruk lagi. Upaya yang lainnya yang dilakukan RZ adalah memberikan buah-buahan kepada warga untuk menetralisasi racun-racun yang ada ditubuh agar tidak menjangkiti organ-organ yang lain dan berbalik menyerang tubuh. #MaskerINdonesia
        Di luar sana di Pulau Kalimantan dan Sumatra masih banyak warga yang terdampak bencana asap yang takkunjung menghilang dan malah setiap hari semakin menjadi-jadi. Untuk itu kami menunggu kepedulian tangan-tangan emas saudara untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena bencana dan dirundung gundah gulana. Salurkan bantuan anda melalui rekening donasi kami di Bank Mandiri 132000 481 974 5 a.n. Yayasan Rumah Zakat Indonesia

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Facebook : Relawan RZ Solo
Twitter : @relawanrzsolo
Blog : http://relawanrzsolo.blogspot.com/
Instagram :@relawanrzsolo
CP : 0857-2829-3030 (Danu)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar