Sabtu, 25 Oktober 2014

Road to DIKSAR Relawan RZ Solo 2014



Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan atau pun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS 9 : 41)

Gambar di atas adalah beberapa kolase agenda diksar tahun 2013. Saat diksar berlangsung, calon relawan ditempa secara fisik ataupun mental yang nantinya akan sangat berguna di kemudian hari ketika seorang terjun di lapangan. Akan ada beda rasa berjuangnya antara relawan yang mengikuti diksar dengan relawan yang belum didiksar. Mau buktinya? Buktikan sendiri :)


Pendidikan Dasar Relawan RZ Solo akan dilaksanakan pada tanggal 21 - 23 November 2014 di daerah Tlogo Dlingo, Tawangmangu. Agenda ini dilaksanakan sebagai gerbang awal seorang carel (calon relawan) Rumah Zakat diresmikan statusnya sebagai pejuang sejati Relawan Rumah Zakat dengan pangkat Relawan Muda. Pada saat pra dan saat diksar nanti akan ada banyak ilmu yang akan di share kepada temen - temen calon relawan RZ Solo 2014. Nggak mau ketinggalan kan? :)   

 
Relawan Rumah Zakat sendiri mempunyai 4 fungsi dasar , yaitu :

  1. Fungsi Operation Committe Relawan merupakan ujung tombak aktivitas kemanusiaan, oleh karena itu Relawan memiliki fungsi melaksanakan kegiatan aksi-aksi kemanusiaan yang mendukung aktivitas Rumah Zakat Indonesia dalam upaya mencapai tujuan-tujuannya, baik aktivitas indoor maupun di outdoor. 
  2. Fungsi Human Resources Development, Relawan memiliki fungsi sebagai Bank SDM dari Rumah Zakat Indonesia apabila akan ada kebutuhan SDM.
  3. Fungsi Event Organizer, Relawan juga membantu mengorganisasikan kegiatan-kegiatan yang rutin maupun insidental Rumah Zakat Indonesia.
  4. Supporting Kegiatan Pendampingan, Relawan diharapkan membantu dalam mensukseskan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan fokus utama pelatihan kepemudaan yang digulirkan Rumah Zakat Indonesia. Tentunya relawan terlebih dahulu menampilkan diri sebagai pionir dalam kegiatan kepemudaan.

Ketika seseorang ingin pergi, maka jangankan 10 alasan, punya 100 alasan baik untuk tetap tinggal pun, dia tetap pergi. Tetapi ketika seseorang memutuskan ingin bertahan, maka jangankan 100 atau 10 alasan, bahkan ketika dia tidak punya alasan lagi, hanya tersisa harapan dan keyakinan, dia akan tetap bertahan. (Darwis Tere Liye)


Sudah lihat video di atas kan? :)

Jadi, kembali pada niat kita masing - masing. Karena disinilah, awal ruh perjuangan itu akan ditempa menjadi bergelora dan akan senantiasa mengikuti temen - temen relawan di kemudian hari.

Segala  pertanyaan tentang diksar Relawan RZ Solo 2014 ini bisa dilayangkan ke Puput Azizah 0857-4137-0636.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar